Deskripsi


Judul :
Roti Canai
Kategori :
Kuliner
Kabupaten :
Daerah Riau
Penerbit :
Admin
Link Video :

Roti Canai


Roti canai berbentuk pipih dan sebenarnya berasal dari budaya india. Roti ini memang banyak dijual di negara melayu, seperti singapura, malaysia, dan juga indonesia, khususnya di daerah riau. Cara memasaknya dengan diberi sedikit minyak. Rasanya empuk dan gurih. Roti canai biasa disajikan dengan kari daging kambing dengan cara disobek rotinya untuk diccol ke kuah kari daging kambing atau domba. Gurihnya sangat menggoda.

Bahan :

Tepung terigu protein tinggi sebanyak 350 gram

Garam halus sebanyak 1 sdm

Air hangat sebanyak 200 ml

Margarin sebanyak 250 gram, lelehkan

Cara membuat Roti Canai :

1. Ambil mangkuk besar kemudian masukan bahan seperti tepung terigu, garam halus dan air hangat. Aduk-aduk bahan-bahan tersebut sampai semua bahan rata dan membentuk adonan yang cuku kental.

2. Masukan mentega yang sudah di lelehkan sebelumnya ke dalam wadah tepung tadi sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk. Anda bisa menguleninya sampai adonan tersebut elastis dan kalis atau tidak lengket di tangan.

3. Jika sudah ambil adonan tadi dan bagi-bagi menjadi 20 bagian adonan yang beratnya sama, bentuk bulatan dan tata rapi.

4. Tutup adonan yang sudah dibulatkan tadi dengan serbet bersih yang lembab selama 20-30 menit.

5. Ambil satu bagian adonan kemudian giling menggunakan rolling pan hingga tebal adonan sekitar ½ cm. lakukan sampai semua bahan habis dan sisihkan.

6. Ambil wajan anti lengket atau teflon dan tambahkan sedikit mentega atau minyak bersih. Panaskan dengan api kecil sana dan biarkan hingga 2-3 menit.

7. Masak adonan sampai matang berwarna kuning kecokelatan. Jangan lupa untuk membaliknya agar semua bagian matang merata.  Lakukan sampai semua adonan habis dan roti canai siap untuk disajikan.


Pustaka Terkait

"Kuliner"


Roti Jala
Kategori :
Sambal Belacan
Kategori :
Gulai Ikan Patin
Kategori :
Ikan Selais Asap
Kategori :